Dukung Ekonomi Lokal, PEP Jambi Bekali UMKM dengan Strategi Pemasaran Online

WIB
IST

Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) adalah penggerak roda ekonomi Indonesia. Di era digital yang serba kompetitif, Pertamina EP (PEP) Jambi Field terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong peningkatan penjualan produk dan memperluas jangkauan UMKM di sekitar wilayah kerja. Salah satunya dengan menggelar pelatihan bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di bidang Digital Marketing pada 8-9 September lalu.

Kelompok Lokak Kreasi Kito (LKK) merupakan wadah kewirausahaan digital binaan PEP Jambi yang menggandeng pemuda Kelurahan Kenali Asam Atas, Kota Jambi. Mereka turut berpartisipasi dalam kategori Digital Marketing Operator dan Digital Marketing Manager

Pelatihan BNSP Digital Marketing membawa dampak signifikan bagi tingkat operator dan manajer dengan membekali mereka pengetahuan dan keterampilan yang terstandardisasi. Bagi operator, pelatihan ini meningkatkan kompetensi teknis dalam menjalankan berbagai strategi, mulai dari membuat akun media sosial untuk branding, mengunggah produk di lokapasar (marketplace), mengelola konten, hingga membuat copywriting., sehingga mereka mampu mengeksekusi kampanye yang lebih efektif dan terukur. Sementara itu, bagi level manajer, sertifikasi ini memberikan pemahaman yang komprehensif tentang cara merumuskan strategi digital yang holistic seperti riset, perencanaan, hingga strategi pemasaran, mengelola tim, mengalokasikan anggaran dengan optimal, dan menganalisis performa kampanye untuk mencapai target bisnis. Pada akhirnya, sinergi antara operator yang terampil dan manajer yang strategis akan mendorong pemasaran dan pertumbuhan bisnis yang lebih cepat dan efisien di era digital.

LKK berperan sebagai motor promosi produk UMKM binaan PEP Jambi, mulai dari minuman herbal (Minerbal), olahan kuliner Kenali Asam Atas (Kualitas), kuliner ikan patin Lopak Alai, hingga hasil pertanian kelompok Hidroponik Barokah. Kualitas produk yang sudah tidak diragukan lagi, butuh dipasarkan secara masif. Untuk itu, diperlukan adanya peningkatan kapasitas dalam menjalankan kegiatan pemasaran digital.

Manager Community Involvement and Development (CID) Pertamina Hulu Rokan Iwan Ridwan Faizal menyampaikan bahwa pelatihan dan sertifikasi ini merupakan langkah nyata untukk memperkuat kapasitas UMKM. “Melalui kegiatan ini, kami berharap mitra binaan PEP Jambi tidak hanya mendapatkan ilmu dan sertifikasi tetapi juga mampu mengaplikasikannya secara nyata agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas, meningkatkan penjualan, sekaligus siap bersaing di era digital yang kian kompetitif.” ungkapnya.

Ketua Kelompok Lokak Kreasi Kito, Efril Amrullah, mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi anggota kelompok sekaligus dapat berdampak bagi UMKM binaan PEP Jambi. “Kegiatan ini membuka wawasan dan memberi dorongan bagi kami untuk terus berkembang. Kami kini lebih paham cara memperluas pemasaran secara online,” ungkap Efril.

Sebelumnya, di penghujung tahun 2024, PEP Jambi juga telah menggelar pelatihan komunikasi pemasaran dan optimalisasi keunggulan produk yang diikuti oleh 45 anggota UMKM binaan. PEP Jambi terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung perekonomian yang berkelanjutan bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja. Ke depan, PEP Jambi juga menerapkan proses pendampingan selama dua bulan untuk membantu peserta menerapkan ilmu yang telah didapat dalam aktivitas pemasaran digital. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network